VISI

MISI

Terwujudnya Lulusan yang Beriman, Bertaqwa dan Berakhlakul Karimah, Menguasai Ilmu Pengetahuan Berbasis Riset serta Memiliki Keterampilan yang Unggul dan Kompetitif.


 

INDIKATOR KETERCAPAIAN MISI

(1) Taat menjalankan ibadah sholat wajib dan sunnah. (2) Mengikuti jamaah sholat Dhuhur dan Ashar di madrasah. (3) Rutin membaca Al-Qur’an selama 15 menit sebelum pembelajaran jam pertama dimulai. (4) Selalu mengikuti peringatan hari besar Islam dan nasional. (5) Hafal Al-Qur’an juz 30. (6) Berperilaku baik, sopan, dan beradab kepada guru, karyawan, teman, orang tua, dan masyarakat. (7) Membudayakan salam kepada siapa pun jika bertemu. (8) Mentaati peraturan madrasah.

(1) Memiliki pemahaman agama yang moderat (Wasathiyah). (2) Menerima Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945 sebagai konstitusi negara Republik Indonesia. (3) Tidak mengembangkan paham sektarian (mementingkan kelompok tertentu). (4) Membudayakan sikap anti perundungan. (5) Menciptakan madrasah ramah anak. (6) Membentuk iklim madrasah yang aman dan nyaman, bebas asap rokok, bebas narkoba, dan bebas dari perilaku terlarang lainnya. (7) Membentuk kawasan wajib berjilbab, menutup aurat, dan kawasan Zona Integritas. (8) Membudayakan iklim gotong royong, kerja sama, dan saling membantu.

(1) Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. (2) Menggunakan kurikulum nasional dan muatan lokal. (3) Memanfaatkan teknologi dan lingkungan madrasah dalam proses pembelajaran. (4) Menciptakan iklim pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. (5) Mengembangkan pembelajaran berbasis keteladanan. (6) Memperkuat kompetensi literasi dan numerasi. (7) Melakukan proses penilaian berbasis guru dan berbasis madrasah secara otentik. (8) Menggunakan teknologi digital dalam proses penilaian.

(1) Melaksanakan proses pembelajaran berbasis riset pada semua mata pelajaran. (2) Menghasilkan karya tulis hasil penelitian. (3) Menciptakan teknologi sederhana berbasis lokal. (4) Memiliki etalase karya riset untuk kepentingan pembelajaran. (5) Mendapatkan kuliah tamu dari luar madrasah. (6) Mengembangkan budaya riset di kegiatan ekstrakurikuler secara mendalam. (7) Mengikuti kompetisi riset di jenjang regional, nasional, maupun internasional.

(1) Mengembangkan kompetensi keterampilan di kelas tata boga dan tata busana secara baik. (2) Memiliki fasilitas ruangan dan peralatan praktik yang memadai sesuai jumlah peserta. (3) Mendapatkan bimbingan dari pendamping praktik yang kompeten. (4) Menghasilkan karya atau produk yang ekonomis. (5) Melaksanakan pameran produk secara berkala. (6) Memiliki etalase karya atau produk untuk kepentingan pembelajaran. (7) Bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri untuk program magang. (8) Mendapatkan kuliah tamu dari badan usaha dan badan industri.

(1) Memberikan kompetensi keterampilan akademik maupun non-akademik melalui proses pembelajaran. (2) Membentuk komunitas belajar mata pelajaran maupun komunitas olahraga dan seni. (3) Memberikan pendampingan dan pembimbingan peningkatan kompetensi keterampilan. (4) Menyelenggarakan kompetisi akademik maupun non-akademik di tingkat madrasah. (5) Mengikuti ajang kompetisi akademik maupun non-akademik tingkat regional, nasional, dan internasional. (6) Meraih kejuaraan kompetisi akademik dan non-akademik tingkat regional, nasional, dan internasional. (7) Melakukan pembimbingan dan pendampingan masuk perguruan tinggi negeri. (8) Diterima masuk perguruan tinggi negeri berkualitas.


 

Tata Nilai MANDALA

 

Tata nilai MANDALA menjadi fondasi dalam membentuk karakter dan budaya di madrasah. Setiap huruf memiliki makna yang mendalam, mencerminkan visi madrasah untuk mencetak generasi berilmu, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan masa depan.


M – Mandiri
Menanamkan sikap kemandirian pada peserta didik, baik dalam belajar maupun kehidupan sehari-hari, sehingga terbiasa bertanggung jawab atas diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.


A – Amanah
Mendidik siswa agar dapat dipercaya, menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan jujur, serta menjaga kepercayaan yang diberikan oleh guru, orang tua, maupun masyarakat.


N – Nyaman
Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, ramah, dan menyenangkan sehingga siswa merasa betah, bersemangat, dan mampu mengembangkan potensi diri secara optimal.


D – Daya Saing Tinggi
Mendorong peserta didik agar memiliki kompetensi unggul, keterampilan abad 21, dan kemampuan beradaptasi sehingga siap bersaing di tingkat lokal, nasional, maupun global.


A – Antusias
Menumbuhkan semangat dan motivasi tinggi dalam belajar, berorganisasi, serta mengikuti berbagai kegiatan madrasah dengan penuh kesungguhan dan rasa gembira.

 

L – Literasi
Mengembangkan budaya literasi dalam membaca, menulis, berpikir kritis, serta memanfaatkan teknologi dan informasi secara bijak sebagai bekal menghadapi perkembangan zaman.


A – Akhlakul Karimah
Menjadikan akhlak mulia sebagai landasan utama, membentuk pribadi yang sopan santun, beretika, berkarakter Islami, serta mampu menjadi teladan di lingkungan sekitar.