Memutus Penyebaran Covid-19, Siswa MAN 2 Lamongan Provinsi Jawa Timur Melaksanakan Pembelajaran Online/Daring

 Berita, Galeri

Sejak di umumkannya Darurat Kesehatan oleh Pemerintah pusat berkaitan dengan penyebaran Corona Virus Disease 19, Pemerintah terus melakukan Upaya untuk memutus penyebaran Covid-19  tidak ketinggalan Kepala MAN 2 Lamongan Bapak Drs. H. ABD. Hakim, M.Pd. juga ikut melakukan upaya tersebut. Upaya yang dilakukan kepala MAN 2 Lamongan tersebut dalam rangka memutus penyebaran Covid-19  di mulai sejak tanggal 17 Maret  Sampai Juni 2020 dengan melakukan upaya proses pembelajaran secara daring/online baik kegiatan Pembelajaran di rumah, Pemberian tugas online, PAT online, diklat, seminar dan workshop yang di lakukan oleh Bapak/Ibu guru di MAN 2 Lamongan semua juga berbasis online

 

 

Pembelajaran Daring Siswa MAN 2 Lamongan

MAN 2 Lamongan terhitung Mulai tanggal 17 maret 2020  telah mengambil kebijakan pembelajaran dari rumah sebagai bentuk tanggap darurat akibat untuk mencegah dan memutus penyebaran Virus Corona. Pembelajaran secara daring sebenarnya bukanlah hal baru untuk anak-anak dan guru di MAN 2 Lamongan karena sebelumnya sudah banyak yang menerapkan technology integrated classroom. Sistem pembelajaran daring tidak mengurangi kualitas dan produktifitas civitas MAN 2 Lamongan bahkan program belajar dari rumah ini da pat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas.

 

PAT Online MAN 2 Lamongan

Penilaian Akhir Tahun MAN 2 Lamongan dilakukan dengan metode daring atau online. Selama ujian berlangsung setiap anak mengakses soal secara daring melalui link yang sudah di buat oleh panitia PAT online yang kemudian di teruskan ke seluruh Wali Kelas X dan XI baik IPA,IPS, BHS dan AGAMA melalui Group PAT online masing-masing kelas. Selain itu mengutip apa yang disampaikan  oleh Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Bapak H. Abd. Ghofur, M.Ag. Aktifitas Pembelajaran pada Madrasah pada masa pandemi Covid-19  berpedoman pada panduan kurikulum darurat yang telah diterbitkan Kemenag RI. Dengan demikian pembelajaran Madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan siswa, serta pelaksanaan pembelajaran yang bermutu akan tetap dirasakan oleh siswa Madrasah itu sendiri termasuk juga PAT online MAN 2 Lamongan yang di mulai tanggal 2 -13 Juni 2020 sebagai bagian dari langkah-langkah kongkrit untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Diklat, Workshop, Seminar Online Guru MAN 2 Lamongan

Harapan untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan kualitas pengembangan profesi guru bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, pemanfatan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19  didamba bisa di akses tergantung kita. Menurut Kepala P4TK IPA Enang Ahmadi Selain guru mendapatkan model pelatihan daring yang berbasis teknologi guru juga harus terus berinovasi dan harus diberi motivasi agar meningkatkan kompetensinya dalam penggunaan teknologi. “Teknologi bukanlah pengganti guru, karena guru tidak akan terganti oleh siapapun, melainkan gunakan teknologi sebagai alat bantu untuk proses pembelajaran itu yang harus kita bawai.” Terang kata Enang Ahmadi. Dari bekerja dari rumah itulah kemudian banyak dimanfaatkan oleh Bapak/Ibu guru untuk mengikuti kegiatan yang sifatnya daring/online.

PPDB JALUR PRESTASI DAN REGULER DI GELAR SECARA ONLINE

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru MAN 2 Lamongan 2020/2021 akhirnya mengubah sistem penerimaan siswa baru jalur prestasi dan reguler hanya melalui jalur online, yang tidak bisa dilaksanakan selayaknya periode sebelumnya dapat dilaksanakan secara offline/online. Rapat yang telah di gelar bersama, yang langsung di pimpin oleh Kepala MAN 2 Lamongan Drs. H. Abd. Hakim, M.Pd., 28/6/2020, di putuskan bahwa tes PPDB Jalur Reguler tetap di laksanakan sesuai jadwal yaitu verifikasi data 22 Juni-5 juli 2020 Tes Seleksi online tanggal 6 juli 2020. Terkait dengan tata cara pendaftaran dan seleksi sudah di jelasan melalui website MAN 2 Lamongan, dan berbagai fasilitas media sosial lainnya agar informasi terkait dengan PPDB MAN 2 Lamongan dapat di terima dan dipahami oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan Virus Corona ini secepatnya di hilangkan dari Bumi Indonesia, sehingga kita dapat beraktifitas normal kembali. Aamiin Yarobbal Aalamiin”.

Redaktur: Cak Munif Khan

Author: