Komunikasi Lewat Hati oleh Kabid Pendma Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

 Berita, Galeri

Kamis, tanggal 20 juni 2019 Dr. Akhmad Sruji Bahtiar, M. Pd.I selaku Kabid Pendma Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur hadir di MAN 2 Lamongan yang disambut oleh Kepala dan beberapa Staf Pimpinan Madrasah.

Beliau hadir guna memberikan pembinaan kepada guru dan karyawan MAN 2 Lamongan terkait dengan pengembangan dan sistem yang ada di madrasah, pembinaan yang dilaksanakan di ruang guru ini diikuti oleh semua guru dan karyawan MAN 2 lamongan

 

Dalam Pembinaan Kabid Pendma Kanwil Kemenag Jatim ini ada poin penting yang disampaikan yang pernah beliau lakukan saat menjabat menjadi kepala madrasah, beliau menerapkan “jangan dilarang dan melarang” dilingkungan madrasah baik aturan kepada siswa,  guru dan karyawan akan tetapi yang beliau terapkan adalah membentuk kesadaran diri dan bertanggung jawab penuh atas segala apa yang dilakukan.

Satu hal contoh saat siswa melanggar aturan tidak semerta-merta dihukum akan tetapi di beri pemahaman bahwa apa yang dilakukan adalah salah/melanggar aturan yang perbuatan itu adalah dosa, kalau sudah melaksanakan dosa maka harus diganti dengan perbuatan yang berpahala yaitu membaca Al-Qur’an 30 juz.  Ternyata sistem ini mampu memberikan efek untuk memperbaiki kepribadian seseorang untuk tidak melakukan perbuatan yang salah. 

Isi pembinaan seperti ini adalah hal penting untuk diserap dan diterapkan di madrasah guna memperbaiki kualitas madrasah jangka panjang.

Author: