MATRIC MANDALA KEMBALI BERJAYA DI BUMI WALI

 Berita, Galeri
Berawal dari adanya surat masuk dari kampus Universitas Ronggolawe Tuban mengenai permohonan delegasi peserta kegiatan MATH TRY OUT 2019 yang diselenggerakan himpunan mahasiswa matematika jurusan matematika fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, maka pasukan MATRIC (Mathematics Creative Club) MAN 2 Lamongan segera bersiap-siap mengikuti kegiatan tersebut.

Setelah beberapa
minggu bimbang karena banyak lomba yang diadakan pada hari yang bersamaan,
Qolbu Dzikru Rosyadi yang merupakan ketua MATRIC memutuskan untuk mengikuti
Math Try Out. Qolbu mengajak dua teman sekelasnya 12 IPA 1 yaitu Tsani Khoirun
Niswatin dan Muhammad Haris Rahmadana, tentunya mereka berkonsultasi terlebih
dahulu dengan Bapak Pitut Saifudin Yunus selaku Pembina MATRIC. Setelah melalui
banyak pertimbangan, akhirnya mereka bertiga disetujui dan diperbolehkan
berangkat, tentunya setelah mengikuti beberapa kali pembimbingan intens dan
latihan ribuan soal bersama Pembina.

Kegiatan Math Try Out ini bisa dipakai sebagai uji coba sebelum pelaksanaan UNBK dilaksanakan dan jika mereka mendapat juara itu hanya sebagai bonus dari proses dan jerih payah yang mereka lakukan selama ini. Kegiatan Math Try Out ini diikuti oleh hampir  100  siswa-siswi SMA negeri maupun swasta yang berasal dari daerah Tuban, Lamongan dan Bojonegoro. Pasukan dari MAN 2 Lamongan yang diwakili 3 siswa atas nama Qolbu Dzikru Rosyadi, Tsani Khoirun Niswatin, dan Muhammad Haris Rahmadana adalah  satu-satunya peserta delegasi dari Madrasah, lainnya adalah siswa-siswi sekolah SMA negeri maupun swasta se-karesidenan bojonegoro.
Kegiatan perlombaan ini dilakukan berbasis kcomputer (CBT), tentunya sangat bagus untuk melatih siswa untuk persiapan UNBK beberapa bulan ke depan. Seluruh peserta mengerjakan sebanyak 40 soal Matematika dengan durasi waktu selama 120 menit. Usai mengerjakan soal, seluruh peserta dikumpulkan di suatu ruangan untuk berdiskusi dengan panitia mengenai soal yang telah dikerjakan dan mendiskusikan pemabahasan soalnya.
Setelah beberapa lama menunggu dengan perasaan yang cukup tegang, akhirnya diumumkanlah para  pemenang Math Try Out 2019. Akhirnya MAN 2 Lamongan berhasil meraih juara 1 atas nama Qolbu Dzikru Rosyadidan juara 3 atas nama Tsani Khoirun Niswatin yang keduanya berasal dari kelas yang sama 12 IPA 1 . Juara yang diraih tahun ini semakin memperlihatkan dominasi MATRIC dalam kegiatan ini. Pada tahun sebelumnya 2018, pasukan MATRIC berhasil membawa pulang juara 2 atas nama Ririn naafiatin dan juara 3 atas nama Balqies Savina.
Qolbu Dzikru Rosyadi adalah seorang siswa yang memiliki hoby mengotak-atik program computer, pengkodingan dan semacamnya. Siswa pendiam ini memiliki impian untuk melanjutkan kuliah dijurusan Sistem Informatika di salah satu perguruan tinggi negeri di Jogjakarta. Qolbu yang pada periode ini dipercaya menjadi ketua MATRIC ini banyak memiliki bakat yang terpendam, ia mampu mempelajari segala macam pelajaran yang berhubungan dengan angka, serta mahir membuat alamat web internet, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan computer dan internet. Juara kali ini adalah prestasi kesekian kali yang diraih pria manis ini dalam perlombaan. Beberapa waktu lalu, pernah juga menjuarai olimpiade MIPA “ÁLPABETA” UIN Surabaya, serta OLMAT UNIROW tahun kemarin.
Tsani Khoirun Niswatin Siswi cantik,sopan dan halus datam setiap kata yang ia ucapkan ini juga menjadi salah satu siswi yang tergolong pintar di kelas. Siswi yang kesehariannya biasa dipanggil Ninis ini juga pandai mengaji karena siswi pendiam ini memperdalam ilmunya di Mahad Ulul Albab MAN 2 Lamongan. Siswi yang tebiasa berbicara bahasa karma halus ini juga anggota KIR yang cukup berprestasi yang pernah menjuarai salah satu perlombaan beberapa waktu lalu.
Cukup banyak prestasi yang diraih oleh keduanya ,cukup terkenal dihati para guru ataupun seluruh warga MAN 2 Lamongan. Semoga kedepannya prestasi ini mampu memotivasi seluruh siswa-siswi lain untuk lebih berprestasi lagi. Amin.

Author: