Elsavira Nurizzah, Unjuk Gigi Lagi di Ajang SPECTACULER MATH EVENT (SME 2017) Se-JATIM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

 Berita, Galeri

SPECTACULER MATH EVENT (SME 2017) Se-Jawa Timur Dalam perlombaan ini MAN Babat yang diwakili oleh Bapak Pitut Saifudin Yunus, S.Pd selaku pembina Olimpiade Matematika mengirim 9 peserta, tahap penyisihan dilaksanakan tangaal 5 pebruari 2017 di kampus UNMUH Gresik dengan jumlah total peserta tingkat SMA sederajat berjumlah 200 lebih.

Dari tahap penyisihan diambil 30 besar untuk masuk dibabak Semifinal. Hingga tahap ini ada 3 siswi MAN Babat yang masuk semifinal yaitu: Elsavira Nurizzah (14), Arira Celia Virta Parawansa (16), Lailatis Syarifah (23), yang ketiga-tiganya adalah siswi kelas XII IPA 1.

Setelah mengetahui lolos ke babak semifinal yang diumumkan oleh penyelenggaran melalui website resminya, ketiga siswi yang didampingi oleh pembina belajar dan berdiskusi lebih intens guna mempersiapkan ketahap selanjutnya.

Pada hari minggu tanggal 12 pebruari 2017, dilakukan tahap semifinal dengan mengerjakan 5 kategori soal essai panjang yang diberi batasan waktu selama 20 menit. Setelah 1 setengah jam selepas mengerjakan soal dibabak semifinal, panitia penyelenggara mengumumkan 5 besar untuk masuk ke babak Final. Dari ke-3 siswi nama Elsavira Nurizzah yang berhasil masuk final dengan peringkat ke-1 sedangkan Arira Celia V.P di peringkat 7 dan Lailatis Syarifah di peringkat 8 sehingga keduanya tak masuk dalam final.

Tepat pada pukul 13.00 WIB Final dimulai dengan sistem 4 babak . babak ke-1; mengerjakan 2 soal untuk masing-masing dinalis dan masing-masing soal hanya diberi waktu 2 menit untuk mengerjakan, dibabak pertama ini Elsavira menjawab dengan benar dari kedua soal yang diberikan.

Babak ke-2; sistem rebutan soal, dan dari 5 soal yang diajukan juri Elsavira merebut 1 soal dan menjawab dengan benar soal tersebut.

Babak ke-3 sistem presentasi, masing-masing Finalis diberi 1 soal yang harus dijawab dan dipresentasikan ke juri. Dalam babak ini Elsavira belum maksimal hanya mendapat sedikit poin namun keempat finalis lainnya pun mengalami kesulitan sama.

Dari ketiga babak, Elsavira unggul telak dan akhirnya di babak 4 sistem taruhan poin. Elsavira menerapkan strategi yang benar dengan hanya mempertaruhkan 20 poin saja.

Dan diakhir babak ke-4 tersebut skor akhir Elsavira 375, finalis ke-2: 230, finalis ke-3 180, finalis ke-4 130 sedangkan finalis ke-5: 80, dengan perolehan skor tertinggi Elsavira berhak menerima tropi juara dari kegiatan ini yang diserahkan langsung oleh Dekan UNMUH Gresik.

Sepulang dari perlombaan sang juara pun menulis sebuah tulisan di akun Sosmed nya “Barakallah, Alhamdulillah,,, Semoga kelak ada generasi penerus MATRIC yang lebih hebat. Syukron Pak Pitut”

Semoga apa yang diharapkan Elsavira Nurizzah kedepan bisa terwujud untuk Matric, Pembina, Madrasah dan dirinya sendiri. Amin

Author: